Superhero Indonesia

 

Setiap orang pasti pernah punya masa-masa memiliki jagoan super, pahlawan super, superhero dalam kehidupannya. Superhero yang saya maksud disini bukan Manusia SUPERRRnya Mario Teguh ya.. hehehe.. tapi tokoh rekaan yang mempunyai keahlian super seperti bisa terbang, bisa mengeluarkan sinar laser penghancur dan sebagainya. Namun kalau diperhatikan hampir rata-rata Superhero idola itu adalah produk Import, sebut saja yang paling populer Superman, Batman, Ironman .. lanjut produk import dari Jepang Kamen Rider, Power Ranger, Naruto.

Nahhh.. SUPERHERO ASLI INDONESIA kemana ? ada nggak sih ?? … eh jangan salah Indonesia juga punya lho tokoh superhero … walaupun banyak tokoh-tokoh superhero itu ada di masa lalu, masa-masa dimana televisi belum menjadi raja, sehingga komikus-komikus masih bisa berkarya dan karyanya masih dihargai… ya , karena superhero Indonesia itu dulu tumbuh dan berkembang lewat buku-buku komik. Supaya tokoh-tokoh superhero Indonesia itu nggak kekubur saya coba tampilin beberapa disini ya, supaya generasi sekarang dan masa datang lebih kenal aja.

1. GUNDALA PUTERA PETIR

Ini kayaknya tokoh Superhero yang paling populer dan masih diingat sampai sekarang. Tokoh ini diciptakan oleh Harya Suraminata a.k.a. Hasmi pada tahun 1969, dimana pada tahun itu buku komik dari Gundala Putera Petir diterbitkan untuk umum.

Dalam ceritanya Gundala ini diceritakan adalah seorang Ilmuwan bernama Sancaka yang sedang meneliti suatu formula tentang anti petir. Namun karena terlalu asyik meneliti itu Sancaka lupa datang ke acara ulangtahun kekasihhya, sehingga akhirnya Sancaka diputuskan oleh kekasihnya itu. Karena patah hati, Sancaka kemudian berlari di bawah badai , dan kemudian disambar petir. Tapi anehnya petir itu malah membawa Sancaka bertemu Raja Petir “Kronz” yang kemudian mengangkatnya menjadi puteranya dan diberi nama “Gundala”. Kronz memberi Gundala kekuatan dapat mengeluarkan petir dari tangannya.

Dalam petualangannya kemudian Gundala bergabung bersama-sama dengan Superhero lainnya seperti Godam, Aquanus, Pangeran Mlaar, Merpati dalam membela kebenaran dan melawan musuh-musuhnya. Tokoh superhero Merpati bahkan diceritakan merupakan Isteri dari Gundala.

Tokoh Gundala ini juga pernah diangkat ke layar lebar (Film) pada tahun 1983, kalau tidak salah diperankan oleh Teddy Purba. Namun cerita di Film ini berbeda dengan di komik, dimana film Gundala lebih ke Gundala bertemu penjahat dan kemudian membasmi penjahat tersebut sedangkan tokoh-tokoh superhero yang ada di buku komiknya tidak ditampilkan. Buku komik Gundala ini juga kemudian diterbitkan ulang pada sekitar tahun 2005 .

2. MERPATI

Merpati atau yang mempunyai nama asli Sedhah Esti Wulan yang merupakan seorang Wartawan suratkabar adalah masih merupakan Tokoh Superhero rekaan dari Harya Suraminata a.k.a. Hasmi yang mulai diperkanalkan ke publik pada tahun 1977 lewat buku serial komik Gundala dengan judul “Pengantin Buat Gundala”.

Diceritakan bahwa ketika akan menyelamatkan ayahnya yang diculik, Sedhah jatuh ke dalam jurang namun kemudian¬† ia diselamatkan oleh sekawanan merpati yang membawanya ke Ratu Merpati. Ratu tersebut kemudian memberinya kekuatan dan Sedhah kemudian diberikan julukan nama “Merpati”. Dengan kemampuan barunya, Sedhah yang sudah menjadi Merpati kemudian mengejar penculiknya ayahnya dan dalam pengejaran tersebut Merpati bertemu Gundala. Bersama-sama kemudian Gundala dan Merpati mereka menyelamatkan ayah Merpati. Dalam perjalanan mengejar penculik tersebut akhirnya Gundala dan Merpati jatuh cinta, meskipun mereka tidak bisa mengungkapkan identitas rahasia mereka satu sama lain sampai setelah bertukar sumpah pernikahan mereka. Tokoh superhero Merpati diceritakan mempunyai kemampuan terbang dan mampu menghipnotis.

3. GODAM

Superhero Indonesia lainnya yang cukup populer adalah GODAM yang merupakan superhero rekaan dari Widodo Noor Slamet a.k.a Wid N.S yang mempunyai kekuatan super dan dapat terbang. Godam diterbitkan pertama kali pada tahun 1969.

Diceritakan Godam adalah putera dari seorang pemimpin pemberontak di Planet Godam, dimana planet tersebut dikuasai oleh seorang Tirani yaitu Ratu Chandalani. Ayah Godam adalah orang yang memberontak dan melawan sang Ratu. Ketika sedang melarikan diri dari kejaran Chandalani Ayah Godam terpaksa melemparkan anaknya ke dalam sebuah sungai, di mana ia ditemukan oleh kepala pemberontak Gedibalbanda. Gedibalbanda mengangkat anak itu sebagai anaknya, menyebut namanya Godam. Setelah Gedibalbanda terbunuh, Godam melakukan pencarian untuk ke istana iblis untuk mendapatkan baju besi ajaib dimana jubahnya mempunyai daya magis. Godam kemudian berduel dan mengalahkan anak Chandalani. Akibat dikalahkan Godam anak dari Chandalani melakukan bunuh karena malu. Namun yang terjadi adalah Godam dituduh pembunuhnya dan dihukum dengan dipenjara dalam cincin ajaib yang kemudian cincin tersebut di buang ke Planet Bumi. Di Bumi Godam memilih seorang manusis bernama Awang untuk menjadi tuan rumah baru bagi semangat Godam’s. Bereinkarnasi pada dunia baru, Godam menjadi seorang pejuang keadilan.

4. AQUANUS

Superhero Indonesia lainnya adalah AQUANUS yang merupakan tokoh rekaan Widodo Noor Slamet a.k.a Wid N.S yang dipublikasikan pada tahun 1968. AQUANUS yang mempunyai nama Dhanus diceritakan adalah seorang mahluk planet lain yang pesawat luar angkasa miliknya jatuh ke Bumi dan masuk ke lautan. Akibat satu dan laih hal, Aquanus bermetabolasi sehingga bisa bernapas di dalam air.  Selain dapat bernapas di lautan Aquanus juga diceitakan dapat mengeluarkan kekuatan cahaya pelangi dari ikat pinggangnya.

Masih banyak Superhero asli Indonesia lainnya, dibawah ini ada beberapa link yang terkait dengan superhero Indonesia, silahkan dikunjungi kalau mau tau lebih banyak tentang Superhero Indonesia ya :

2 Comments

  1. Aulia December 31, 2010
  2. Yosafat Agus S. February 27, 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *