Sharing Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan Samsat Jakarta Utara

Sharing Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan Samsat Jakarta Utara. Sejak saya pindah tugas ke luar Jakarta, selain membawa keluarga, saya juga membawa kendaraan pribadi motor saya yang masih ber plat B (Jakarta) ke luar dari Jakarta. Pertimbangan saya membawa motor plat B saya ya supaya memudahkan mobilitas keperluan sehari-hari. Masalah baru muncul ketika saya akan memperpanjang STNK motor saya untuk tahun ke-5. Karena ketika 5 tahun ini selain bayar pajak kendaraan juga ada pergantian plat nomor atau lempeng nomor kendaraan.

perpanjang-stnk-5-tahunan-samsat-jakarta-utara

Kalau prosedur bayar pajak tahunan kendaraan saya nggak terlalu pusing karena saya sudah rutin tiap tahunnya, tapi kalau bayar pajak stnk 5 tahunan dan ganti lempeng atau plat nomor kendaraan terus terang baru kali ini saya mengalami. Apalagi ditambah dengan posisi motor saya yang ada di luar Jakarta, kalau saya bawa ke Jakarta untuk sekedar cek fisik kendaraan kayaknya kok jadi menyusahkan ya.

Akhirnya saya coba browsing-browsing untuk cari tahu kalau mau perpanjang stnk 5 tahunan dengan posisi kendaraan di luar kota, akhirnya saya nemu juga info bahwa kalau kendaraan ada di luar kota dan akan perpanjang stnk 5 tahunan dan ganti plat nomor kendaraan maka cek fisik kendaraan dapat menumpang di samsat setempat dimana kendaraan tersebut berada untuk kemudian nanti di verifikasi di samsat dimana akan perpanjang stnk-nya. Syukurlah bisa ikut cek fisik di samsat terdekat, jadi nggak repot bawa-bawa motornya ke Jakarta.

Akhirnya ya udah saya bawa motor saya ke samsat kota Serang Banten, tempat dimana saya tinggal saat ini, samsat setempat kemudian akan memberikan lembar bukti cek fisik untuk saya bawa ke samsat Jakarta Utara tempat dimana saya akan memperpanjang STNK motor saya.

Selengkapnya dokumen yang harus disipakan untuk perpanjang STNK kendaraan pribadi adalah sebagai berikut :

  • Asli dan foto copy KTP Pemilik kendaraan
  • Asli dan copy  BPKP Kendaraan
  • Asli dan Foto Copy STNK Kendaraan serta bukti bayar pajak tahun sebelumnya
  • Lembar bukti cek fisik (kalau cek fisik dilakukan di samsat luar kota)

Apa yang saya suka dari samsat Jakarta Utara adalah semuanya dibuat simple. Contoh, untuk fotocopy dokumen nggak usah pusing-pusing, karena disana sudah berderet tempat foto copy, tinggal kasih KTP, STNK dan BPKB maka langsung dokumen kita di foto copy dan langsung disusun oleh petugas foto copynya, tarifnya 5000 rupiah saja. Tempat foto copy di Samsat Jakarta Utara sekarang posisinya ada di luar gedung, di belakang dekat tempat cek fisik kendaraan.

Oya sebelum foto copy sebaiknya ambil formulir dulu, di loket pengambilan formulir, cuma selembar dan gampang kok isinya, setelah diisi baru pergi ke tempat foto copy tadi untuk disusun bersama dokumen fotocopy.

Setelah dari tempat foto copy langsung ke loket 1 Samsat Jakarta Utara. Untuk info saja, bahwa gedung Samsat Jakarta Utara menjadi satu dengan Samsat Jakarta Pusat, jadi lihat-lihat papan petunjuknya ya supaya nggak salah masukin dokumen. Di Loket pemasukan dokumen petugas akan memeriksa ASLI BPKB Anda, karena itu tunggu dulu sebentar, setelah selesai diperiksa petugas akan menyerahkan kembali BPKB ASLI, setelah itu silahkan tunggu di bangku tunggu yang sudah disediakan. Silahkan arahkan konsentrasi Anda ke speaker di Loket 2 atau loket pengeluaran jumlah tagihan pajak kendaraan yang harus dibayarkaan. Ada beberapa speaker atau pengeras suara disana antara lain speaker loket pengeluaran STNK baru, jadi jangan terlalu memperhatikan speaker yang lainnya bila proses Anda belum sampai kesana.

Nama Anda nanti akan dipanggil di loket 2 untuk penerbitan tagihan pajak kendaraan yang harus dibayarkan, disini juga akan diserahkan kembali ASLI KTP Anda, karena itu jangan sampai kelupaan ya untuk diambil kembali KTPnya. Setelah anda menerima tagihan langsung menuju ke loket kasir yang ada di sebelahnya, bayarkan sesuai tagihannya. Usahakan uang pas, supaya nggak ngedumel kalau petugas loketnya kasih uang kembalian tapi kurang 500 atau seribu perak dengan alasan tidak ada kembalian … pffftt.

Setelah bayar silahkan tunggu lagi. Sekarang arahkan fokus Anda ke loket pengeluaran STNK, tunggu nama Anda dipanggil di loket tersebut. Petugas loket akan menyerahkan STNK Baru Anda, sedangkan untuk plat nomor diambil di luar gedung, tepatnya di loket di belakang gedung cek fisik.

Tapi setelah saya ke loket pengambilan plat nomor kendaraan, petugasnya menginfokan ke saya bahwa plat nomor kendaraan Jakarta tidak bisa selesai saat itu juga, ada antrian yang super panjang, plat nomor kemungkinan baru selesai 2-3 bulan lagi … hadeeeuuhh ….. petugas itu cuma meminta nomor kontak saya dan dia memberi setmpel di STNK saya sebagai catatan bila ada polisi yang berhentiin di jalan bahwa plat nompr sedang dalam proses pembuatan. Ya sutralah, mau bagaimana lagi, ikuti saja prosedurnya.

Total sih proses dari saya memasukan formulir di loket pendaftaraan sampai dengan pengeluaran STNK hanya butuh waktu 1 jam saja. Saya mengerjakannya di hari Sabtu. Kondisi lumayan ramai saat itu, jadi 1 jam buat saya sudah cepat banget. Apakah ini efek Ahok .. hehehe.. entahlah.

Demikian sharing saya untuk prosedur perpanjang STNK 5 Tahunan di Samsat Jakarta Utara semoga membantu untuk Anda. Simak juga artikel saya tentang asyiknya ngopi di kedai kopi Kimteng Pekanbaru disini.

Related Posts

4 Comments

Add Comment