Buku TUNNELS: Will Burrows dan Koloni Misterius Bawah Tanah, Calon Pengganti Harry Potter ???

 tunnels_books.jpg 

Minggu ini saya baru saja selesai baca buku TUNNELS yang ditulis oleh Roderick Gordon dan Brian Williams. Banyak yang bilang bahwa buku yang jadi New York Times bestseller ini bakal jadi pengganti dari kesuksesan buku Harry Potter-nya JK Rowling, selain bahwa buku ini ditemukan oleh Barry Cunningham, orang yang dulu juga menemukan buku Harry Potter sebelum diorbitkan dan kemudian sukses besar.

Kalau Harry Potter bercerita tentang Harry Potter dengan dunia sihir-nya, maka TUNNELS yang di versi Indonesia di beri tambahan judulnya jadi TUNNELS: Will Burrows dan Koloni Misterius Bawah Tanah bercerita tentang anak muda bernama Will Burrows yang bersama ayahnya Dr. Burrows, seorang ahli arkeologi yang berprofesi sebagai penjaga/kurator museum di kota kecil Highfield didekat London, mempunyai hobby melakukan penggalian-penggalian tanah untuk menemukan benda-benda yang dianggap berharga yang berasal dari masa lalu. Namun tidak disangka-sangka penggalian-penggalian tersebut malah mengantarkan mereka ke suatu koloni dunia bawah tanah dibawah kota London, Inggris yang telah berusia ratusan tahun. Dan satu hal yang lebih menjadi kejutan ternyata dunia bawah tanah tersebut mempunyai keterkaitan dengan Will, dimana di dunia bawah tanah tersebut Will ternyata mempunyai keluarga yang mana Will sendiri tidak mengetahui hal ini selama hidupnya. Seru… pasti, kalau Anda penyuka kisah-kisah petualangan di dunia imajinatif namun masih terkait dengan dunia nyata, maka TUNNELS memang wajib untuk dibaca.

 

 Kalau di kisah Harry Poter kita dibawa berimajinasi dengan tempat-tempat di dunia sihir seperti Hogwarts, Diagon Alley, stasiun King Cross dengan Hogwarts Expressnya dan juga tempat-tempat menarik lainnya yang masih berlokasi di Inggris Raya, maka di TUNNELS kita juga diajak berimajinasi masih di Inggris Raya tapi kali ini dengan adanya kota-kota yang lokasinya ada jauh di bawah tanah dari kota London, Inggris. Dimana kota-kota di bawah tanah tersebut berada di sebuah gua berukuran maha luas yang digali oleh pendahulu-pendahulunya. Di dalam kota tersebut sama seperti kota-kota di dunia atas dimana terdapat banyak bangunan-bangunan seperti rumah, kantor polisi dan bangunan-bangunan megah lainnya. Antara satu kota dengan kota lainnya dihubungkan oleh terowongan-terowongan yang sangat rumit dan bahkan masih terdapat dunia lainnya yang letaknya jauh dibawah kota-kota yang disebutkan diatas, dimana dunia yang lebih mendekati pusat bumi tersebut dinamakan Deeps.

Di buku sekuel pertama ini sendiri ceritanya bisa dibilang masih sangat awal dan masih banyak sekali hal-hal yang menjadi tanda tanya yang menurut saya kemungkinan akan mulai diungkap di buku sekuel berikutnya. Oya untuk sekuel lanjutannya sendiri bukunya sudah terbit di UK dan USA Mei 2008 lalu (tapi di Indonesia belum) dan diberi judul DEEPER, dimana dalam sekuel tersebut Will menjelajah ke dunia bawah tanah yang lebih dalam lagi dari yang telah didatanginya di Buku ke-1.

deeper_book.gif

Cover Buku DEEPER

 Kalau di lihat memang ada banyak kesamaan antara TUNNELS dengan kisah Harry Potter antara lain :

 

  • Kalau Harry Potter hadir dengan dunia sihir,  maka TUNNELS hadir dengan dunia bawah tanah, yang mana keduanya sama-sama berlokasi di Inggris Raya.

  • Harry Potter ditemani oleh sahabatnya Ron dan Hermione, maka di TUNNELS Will ditemani oleh adik (tiri?)-nya Cal dan sahabatnya Chester.

  • Kalau penghuni dunia sihir memanggil manusia biasa dengan sebutan Muggle, maka koloni bawah tanah di TUNNELS memanggil penghuni dunia atas dengan sebutan Topsoilers.

  • Kedua buku tersebut sama-sama ditemukan dan diorbitkan oleh  Barry Cunningham.

  • Kedua buku tersebut sama-sama dibuat berseri (sekuel).

  • Sama dengan Harry Potter, TUNNELS juga akan dibuatkan Movie-nya.

  • Baik Harry Potter dan Will Burrow sama-sama tidak mengetahui bahwa mereka adalah bagian dari dunia lain diluar dunia yang dijalaninya selama ini.

  • Ada lagi yang mau nambahin kesamaan Harry Poter dengan TUNNELS ….. ?? silahkan ditambahkan. thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *